Program Goes To Scholl

Obat Herbal

Banner

Buku On Line

Banner
Home
Kaffah College || Jasa Guru Les Privat Yogyakarta
Les Privat UN SMP Kaffah College (KC) PDF Print E-mail
Written by Zainuddin   
Monday, 11 August 2008 01:12

Les Privat UN SMP Kaffah College (KC)

Les Privat UN SMP Kaffah College (KC)Mau les privat UN SMP? Sebelum menjawab pertanyaan itu, ada baiknya kita tahu mengapa les privat UN SMP itu penting. Ujian Nasional (UN) tingkat SMP telah ditetapkan untuk diadakan tahun ini. Nilai standar kelulusan Ujian Nasional (UN) pun telah ditetapkan pada angka 5.5. Artinya, Ujian Nasional (UN) SMP tahun ini tak bisa diremehkan karena jika tak lulus maka kesempatan mengulang sangatlah tipis. Selain itu, pintu masuk SMA Favorit atau SMA negeri pun terbilang sudah tutup. Memang Ujian Nasional (UN) sebenarnya bukanlah satu-satunya standar kelulusan, namun untuk saat ini Ujian nasional UN SMP masih dianggap sangat penting. Tentunya, Ujian Nasional (UN) SMP yang kurang dari 1 minggu tetap menjadi momok bagi para siswa.

Belajar dari pelaksanaan Ujian Nasional UN SMP tahun-tahun sebelumnya, karakter soal UN sebenarnya tidaklah jauh-jauh beda. Maksudnya, taiap tahun soal-soal UN tidak mengalami banyak perubahan. Soal-soal UN yang disajikan rata-rata merupakan bentuk variasi atau pengembangan dari soal tahun sebelumnya. Sebagai contoh adalah soal aljabar. Biasanya, jika tahun sebelumnya adalah soal pengurangan aljabar maka tahun berikutnya yang keluar adalah soal penambahan aljabar. Sayangnya, tidak semua anak mengetahui hal ini. Mereka disibukkan dengan “ketakutan” dan “kelelahan” mengerjakan latihan-latihan soal yang kadang jauh dari aslinya. Untuk itulah setiap siswa belajar membutuhkan pendampingan khusus menjelang Ujian nasional UN SMP.

 

Last Updated on Friday, 19 April 2013 13:49
Read more...
 
Anak Cerdas, IQ Tinggi? PDF Print E-mail
Written by Zainuddin   
Wednesday, 06 August 2008 19:29

Anak Cerdas, IQ Tinggi?

Anak Cerdas, IQ Tinggi?Benarkah anak cerdas selalu memiliki IQ tinggi? Jika benar, bagaimana dengan IQ anak yang dianggap bodoh lalu menjadi juara kelas setelah belajar keras? Sering sekali IQ dijadikan sebagai satu-satunya tolak ukur cerdas atau tidaknya seorang anak. Anak yang ber-IQ tinggi dianggap anak cerdas lagi pandai sementara anak ber-IQ rendah dianggap bodoh atau kurang pandai. Namun pada kenyataannya tidak selalu begitu. Ada sebuah kasus di SMA paling favorit di Yogyakarta tentang masalah IQ ini. Setelah melalui tes IQ atau IQ test seorang anak dinyatakan memiliki nilai IQ paling tinggi diantara satu angkatannya di SMA tersebut. Namun nyatanya, dia adalah anak yang paling belakang rengking di sekolahnya. Pertanyaannya, apakah IQ test-nya salah atau si anak yang memang kurang pandai namun jadi pandai pas IQ test?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, marilah kita selidiki terlebih dahulu apa itu IQ test. Tes IQ sebenarnya sudah dikenalkan pada 1911 oleh seorang psikolog Prancis bernama Alfred Binet. Awalnya tes ini untuk menyeleksi mereka yang ingin masuk dunia militer atau kerja namun kemudian dijadikan sebagai standar tes seleksi di hampir semua bidang. Ini kemudian berkembang diseluruh dunia. Walau begitu, tes IQ sejatinya hanya mampu mengidentifikasi salah satu aspek kecerdasan saja, yaitu Logika Matematika. Dengan kata lain, kecerdasan manusia yang banyak itu belum terwakili oleh tes IQ sebenarnya.  Padahal sejarah mencatat bahwa mereka yang memiliki kecerdasan luar biasa tidak hanya terpaku pada kemampuan Logika Matematika semata. Mari kita renungkan kecerdasan Ibn Abbas yang mampu mengingat banyak sekali hadist Nabi Muhammad sementara ia masih belia, atau Imam Bukhori sang pengarang kitab Shahih Bukhori dari dataran Bukhoro, dan ilmuan-ilmuan penting seperti Ibn Khaldun.


Last Updated on Tuesday, 16 April 2013 23:06
Read more...
 
« StartPrev1234NextEnd »

Page 4 of 4


Powered by Joomla!. Designed by: joomla templates vps hosting Valid XHTML and CSS.